Suka Makan Takoyaki? Ini 4 Jenis Topping yang Bisa Ditambahkan

Juni 15, 2019



Takoyaki dikenal sebagai camilan khas Jepang dengan berbentuk bola. Bahan utama penganan ini adalah daging gurita yang dibalur dengan adonan tepung. Namun sekarang ada banyak variasi takoyaki yang memakai bahan selain gurita sebagai pengganti.
Selain itu, camilan yang sudah eksis di Jepang sejak abad ke-17 tersebut disajikan dengan macam-macam topping. Kira-kira, apa saja bahan pelengkap yang membuat takoyaki digemari banyak orang sampai sekarang?

  1. Saus takoyaki
Saus merupakan pelengkap utama yang tidak boleh absen dari daftar menu takoyaki. Jenis saus yang dipakai, seperti halnya bahan takoyaki, sudah berkembang menjadi beberapa jenis. Hal ini memudahkan para pelaku industri kuliner di luar Jepang. Namun, masih ada pembuat takoyaki yang mengolah saus orisinal untuk menguatkan rasa asli dari cemilan tersebut.

2.             Katsuobushi
Pernah melihat serpihan tipis kecokelatan saat menikmati okonomiyaki? Serpihan tadi sebenarnya merupakan katsuobushi, ikan cakalang yang dikeringkan, lalu diserut untuk dibuat sebagai taburan. Tak hanya digunakan untuk okonomiyaki, taburan ikan cakalang juga sering kali dipakai sebagai topping takoyaki untuk memperkaya cita rasa.

3.             Nori bubuk
Rumput laut kering atau nori menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dilepaskan dari makanan Jepang. Nori bisa diolah menjadi apa pun, termasuk di antaranya pelengkap takoyaki. Jenis rumput laut kering yang digunakan sebenarnya beragam, tetapi bahan utama yang dipakai masih sama. Untuk pelengkap takoyaki sendiri, beberapa penjual langsung memakai nori yang sudah berbentuk bubuk.

4.             Mayones
Tidak banyak orang yang tahu takoyaki merupakan camilan yang terinspirasi dari pancake yang diperkenalkan bangsa Eropa saat datang ke Jepang. Jadi bukan hal aneh apabila pelengkap pada penganan ini tak selamanya datang dari Negeri Sakura. Sebut saja mayones yang menciptakan rasa gurih berbeda pada adonan lembut takoyaki serta potongan guritanya yang kenyal.
Jangan ragu untuk bereksperimen dengan mencampurkan beberapa topping apabila ingin menikmati takoyaki yang berbeda. Membuat penganan ini juga tak terlalu sulit, karena ada banyak cetakan yang tersedia.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »