Hangatkan Tubuh dengan Sup-sup Sehat nan Enak dari Negeri Sakura

Juli 11, 2019




Menghangatkan tubuh dengan sup di tengah cuaca dingin pasti sangat nikmat. Apalagi jenis sup yang tersedia sangat banyak, tak terkecuali sup-sup yang datang dari Jepang. Di negara tersebut, makanan berkuah ini menjadi salah satu hidangan yang dapat disantap kapan saja. Lantas, variasi sup apa saja yang bisa dikonsumsi?

  • Sup miso
Jenis sup satu ini tak hanya populer di Jepang, tetapi juga di negara-negara lain seperti Indonesia. Sup miso terbuat dari pasta miso dan kaldu dashi. Di tempat aslinya, sup tersebut sering disajikan sebagai sarapan dengan lauk dan sayuran sebagai pelengkap. Ada juga yang mencampurkannya dengan nori, potongan kentang, dan bawang bombay untuk menyedapkan rasanya.

  • Kenchinjiru
Kenchinjiru merupakan jenis sup yang diadaptasi dari hidangan vegetarian yang dikonsumsi biksu. Bahan-bahan yang digunakan mencakup kentang, wortel, jamur, dan tahu dengan sayur bening sebagai kuahnya. Rasanya yang ringan dan hangat membuat kenchinjiru kerap diolah sebagai menu musim dingin atau disajikan bagi mereka yang sedang sakit.

  • Ozoni
Bahan utama yang dipakai untuk ozoni berbeda dari sup-sup kebanyakan. Alih-alih menggunakan sayur atau daging, olahan ini memanfaatkan mochi sebagai isiannya. Bentuk mochi yang dipilih pun beragam. Sementara pelengkapnya datang dari daging, sayur, hingga jamur. Rempah dan yuzu lantas dimasukkan untuk menciptakan kuah yang kaya rasa.

  • Sumashijiru
Seperti halnya ozoni, sumashijiru memanfaatkan rempah dengan daun aromatik untuk menguatkan cita rasa pada kuah beningnya. Sup asal Negeri Sakura ini memakai komponen seperti daging ayam atau tahu sebagai isiannya. Jika rasa sumashijiru kurang gurih atau terlalu hambar, ada kecap asin yang bisa ditambahkan pada kaldunya.

  • Ushiojiru
Satu lagi sup kuah bening dari Jepang yang patut dicicip adalah ushiojiru. Namun, isinya cukup unik karena menggunakan seafood seperti kerang kima (hamaguri). Jika ozoni disajikan untuk merayakan Tahun Baru, maka ushiojuri umumnya dihidangkan untuk memperingati Hari Anak Perempuan atau Himatsuri yang jatuh pada bulan Maret.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba sup-sup Jepang di atas?



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »